Selasa, 06 Juni 2017

TUGAS SOFTSKILL

Animasi Bergerak Flip Bottle Challenge




Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi.Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic bricks. Dan ada juga Cycles render.berikut tampilan awal blender

 


Sebelumnya saya ingin menjelaskan pembuatan Bottlenya terlebih dahulu, berikut adalah tutorial untuk membuat Objek yang akan dibuat.

Buat Circle terlebih dahulu dengan cara klik shift+A pilih Mesh pilih circle



Membuat alas bawah lampu Oblek dengan cara klik object mode ganti ke edit mode


 Melihat dari atas klik Scroll mouse lalu geser hingga terlihat bagian atasnya.Klik E untuk menarik ke atas dan bawah dan Klik S untuk menarik ke kanan dan kiri


   Memberi Volume di bagian bawah dengan kombinasi tombol E dan S.

Buat menjadi dua tingkat dengan kombinasi E dan S.




Membuat bagian tengah botol dengan cara klik tombol E tarik ke atas.


Membuat lengkungan di bagian atas botol dengan kombinasi tombol E ditarik ke atas lalu tombol S di tarik ke dalam.


Membuat leher Botol dengan cara kombinasi tombol E di tarik ke atas danTombol S di tarik ke dalam, membuat tutup botol menggunakan kombinasi tombol E ditarik keatas dan S ditarik ke dalam.

Dorong scrool hingga fokus ke tutup Botol kemudian ganti ke edit mode lalu klik Ctrl+R dan klik S tarik ke luar
Memberi Warna Dasar sesuai yang kita inginkan dengan cara klik material klik new pilih warna di Diffuse lalu klik assign
 

Animasi yang saya buat adalah animasi karakter 3D yang sedang melakukan flip bottle challenge.

  Tool yang digunakan untuk membuat karakter 3D :

    TAB key – Berfungsi untuk mengubah antara "edit mode" dan "object select mode"

     "A" key – Berfungsi untuk memilih semua vertices yang terdapat pada sebuah obyek

    Number pad – Berfungsi untuk mengontrol view. "7" untuk "top", "1" untuk "front", "3" untuk "side", "0" untuk "camera", "5" untuk "perspective", ". Untuk memperbesar obyek yang telah dipilih, "+" dan "-" untuk memperbesar atau memperkecil.

    Shift key – Berfungsi untuk memilih obyek lebih dari satu dengan cara menahan tombol Shift dan Klik kanan.

    Mouse – Klik kiri berfungsi untuk mengubah, Klik kanan berfungsi untuk memilih, Klik tengah atau scroll berfungsi untuk memperbesar dan merotasi view.

    Shift + "D" – Berfungsi untuk menduplikat sebuah obyek atau vertices.

    "F" key – Berfungsi untuk membuat sebuah sisi pada "edit mode".

    "E" key – Berfungsi untuk meng-extrude vertices yang telah dipilih didalam "edit mode".

    "P" key – Berfungsi untuk memisahkan vertices yang dipilih menjadi sebuah obyek didalam "edit mode".

    "X" atau Delete – Berfungsi untuk menghapus obyek, vertices, atau sisi.

    Ctrl + "0" – Berfungsi untuk memilih sebuah camera.

RINGGING


Menggerakkan animasi ini menggunakan "RINGGING" adalah pemberian struktur tulang pada objek 3 dimensi agar ke depannya objek 3 dimensi tersebut dapat digerakkan melalui tulang tersebut. Rigging merupakan hal yang penting untuk membuat suatu animasi. Sebuah ring karakter pada dasarnya adalah sebuah kerangka digital terikat mesh 3D. Seperti tengkorak yang nyata, ring terdiri dari sendi dan tulang, yang masing-masing bertindak sebagai "menangani" yang animator dapat digunakan untuk menekuk karakter tersebut ke dalam pose yang diinginkan.


kali ini pembuatan secara sederhana rigging dan animation :
1. Siapkan obejct yang ingin di tambahkan rigging
2. Setelah itu tekan shift + A, setelah itu pilih armateur >> single bone
3. Letakkan bone tersebut di tengah, kemudian tekan x-ray untuk menampilkan bone yang berada di tengah-tengah seperti pada sinar x.

4. Scale bone tersebut dengan menekan S dan gerakkan mouse untuk memperbesar ukurannya.

5. Setelah itu masuk kedalam edit mode dengan menekan tombol tab pada keyboard. Subdivide bone tersebut hingga menjadi 2 bagian dengan menekan tombol W.

6. Untuk bagian tangan dan kaki lakukan dengan bantuan ekstrude namun sebelum di ekstrude karena tangan dan kaki ada 2 bagian dan kita harus menghemat sedikit proses maka kita dapat menggunakan X-axis mirror, di gunakan untuk membuat sisi yang satunya sama persis dengan sisi yang lainnya caranya klik terlebih dahulu bagian yang ingin di ekstrude satu sisi saja.

7. Ceklis terlebih dahulu x-axis mirror lalu tekan shift+E.

8. Seleksi kubus kemudian seleksi armateur dan ubah menjadi pose mode,kemudian tekan A lalu klik ctrl+P dan pilih armeteur deform.

Untuk dapat menggerkan objecnya, harus dalam posisi pose mode


Agar animasi dapat bergerak nantinya jangan lupa untuk merecord gerakan yang ingin di lakukan oleh karakter yang kita buat seperti pada gambar dibawah





Berikut Cuplikan Animasinya : https://youtu.be/EIYp_p5PPNY

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More